Friday, August 25, 2017

Cara Mengganti Password Akun Gmail (Lupa Password)

Cara Mengganti Password Akun Gmail (Lupa Password)

 
Lupa password akun gmail merupakan sebuah masalah klasik yang hampir dirasakan oleh setiap orang yang memiliki akun di internet, baik itu akun social media, akun login website, dan akun akun lainnya yang diperlukan untuk dapat menikmati fitur fitur dari situs tersebut.

Jika anda mengalami kejadian dimana anda lupa kombinasi email dan password yang tepat untuk akun gmail anda, anda tidak perlu khawatir, karena Google telah menyediakan fitur bagi anda yang merupakan password akun gmail anda, hanya dengan beberapa langkah, anda akan mendapatkan akun gmail anda kembali.

[​IMG]

Saya sendiri pernah mengalami pengalaman ini, saya melupakan password gmail pada tahun lalu, karena panik tidak dapat mengakses akun gmail, saya mencoba mencari tau bagaimana cara untuk memulihkan atau mereset akun gmail saya agar kembali seperti semula, wajar saja, akun gmail ini sudah saya gunakan dan terhubung dengan banyak data penting, seperti akun Clash of Clans, Paypal, Blogger, YouTube, dan masih banyak lainnya. Setelah melakukan searching, saya akhirnya mendapatkan solusi, hanya dalam waktu satu menit, saya mereset password akun gmail saya dengan password baru.

Jika anda mengalami kasus yang sama dengan saya, barangkali kamu dapat mengikuti langkah langkah pada tips tutorial dibawah ini untuk menyelesaikan kasus lupa password gmail anda. Berikut tutorial untuk dapat memulihkan atau mereset password gmail yang lupa:

Cara Memulihkan, Mereset, dan Mengganti Password Akun Gmail Yang Lupa
  1. Langkah pertama, hal yang perlu anda lakukan adalah mengakses halaman login akun gmail di accounts.google.com
  2. Setelah anda mengakses halaman tersebut, silahkan pilih pilihan Add Account
    [​IMG]
  3. Pada bagian ini, seharusnya anda diminta untuk memasukan alamat email dan password, akan tetapi karena anda tidak mengetahui password akun gmail anda, silahkan klik link Need Helps? untuk mendapatkan bantuan mereset password akun gmail anda.
    [​IMG]
  4. Akan ada 3 pilihan, karena kita disini ingin mengganti password gmail, silahkan pilih I don't know my password
    [​IMG]
    Tambahan: Misalkan data yang anda lupa adalah, silahkan pilih I don't know my username, sedangkan jika anda memiliki masalah dengan login, silahkan pilih I'm having other problems signing in
  5. Anda akan sampai pada halaman ini:
    [​IMG]
    Pada titik ini, anda akan diberikan beberapa metode untuk memulihkan akun gmail anda, diantaranya:
    • Mereset password dengan mengingat password terakhir
    • Mereset password dengan menggunakan no. HP
    • Mereset password dengan menjawab beberapa pertanyaan
  6. Silahkan lanjutkan tutorial ini dengan mengikuti salah satu metode yang menurut anda paling mudah anda lakukan.

    Misalkan jika anda mengingat password terakhir (sebelum akun gmail di hack / lupa), silahkan pilih metode pertama. Jika anda mengingat no. HP akun gmail anda (pada saat pertama kali mendaftar gmail), silahkan pilih metode kedua. Jika anda mengingat semua data data akun gmail anda (pada saat pertama kali mendaftar gmail), silahkan pilih metode ketiga.
Metode 1: Mereset password dengan mengingat password terakhir
Metode pertama ini dikhususkan bagi anda yang lupa password gmail karena menjadi korban hacking. Untuk menggunakan metode ini, anda harus mengingat password terakhir sebelum akun gmail di hack. Berikut tutorial untuk mereset password dengan mengingat password terakhir:
  1. Pada halaman ini (halaman yang didapat dari langkah ke-6 dari tutorial diatas), ketikan password terakhir yang anda ingat, kemudian pilih Continue
    [​IMG]
  2. Langkah selanjutnya, yang perlu anda lakukan adalah memilih metode penerimaan kode unik untuk mengganti password akun anda. Ada 2 pilihan yang tersedia, yakni SMS dan phone call. Disini saya pilih SMS, setelah itu klik Continue
    [​IMG]
  3. Buka HP, dan ketikan kode yang dikirimkan ke Google pada kolom ini, kemudian klik Continue
    [​IMG]
  4. Pada tahap ini, anda hanya perlu mengetikan password baru anda, setelah anda memasukan password, klik Continue
    [​IMG]
  5. Ta-da! Password berhasil direset
    [​IMG]
Metode 2: Mereset password dengan menggunakan no. HP
Metode kedua dan ketiga dikhususkan bagi anda yang kehilangan akun anda murni karena lupa password dan bukan karena terkena hack. Untuk menggunakan metode ini, anda wajib mengingat no. HP yang anda ketikan pada saat pertama kali anda mendaftar Gmail (Jika anda pernah mengupdate no. HP di gmail, itulah no. Hp yang digunakan). Berikut cara mereset password dengan menggunakan no. HP:
  1. Pada halaman ini (halaman yang didapat dari langkah ke-6 dari tutorial diatas), pilih I don't know
    [​IMG]
  2. Langkah selanjutnya, yang perlu anda lakukan adalah memilih metode penerimaan kode unik untuk mengganti password akun anda. Ada 2 pilihan yang tersedia, yakni SMS dan phone call. Disini saya pilih SMS, setelah itu klik Continue
    [​IMG]
  3. Buka HP, dan ketikan kode yang dikirimkan ke Google pada kolom ini, kemudian klik Continue
    [​IMG]
  4. Pada tahap ini, anda hanya perlu mengetikan password baru anda, setelah anda memasukan password, klik Continue
    [​IMG]
  5. Ta-da! Password berhasil direset
    [​IMG]
Metode 3: Mereset password dengan menjawab beberapa pertanyaan
Diantara semua metode yang tersedia disini, metode ketiga adalah metode termudah, dikarenakan kita hanya harus mengingat data data apa saja yang anda ketikan pada saat pertamakali membuat akun gmail. Jika anda mengisi formulir pendaftaran dengan data data yang sesungguhnya (berdasarkan kenyataan dan bukan asal asal), rasanya metode inilah yang paling mudah ditempuh untuk mereset / memulihkan akun gmail anda. Berikut cara mereset password dengan menjawab beberapa pertanyaan:

  1. Pada halaman ini (halaman yang didapat dari langkah ke-6 dari tutorial diatas), pilih I don't know
    [​IMG]
  2. Berbeda dengan metode kedua yang menggunakan no. HP sebagai metode untuk mereset password, disini kita akan mereset password dengan menjawab pertanyaan, maka dari itu, silahkan pilih I can't access my phone
    [​IMG]
  3. Pada halaman ini, silahkan isi data data dengan benar, mulai dari kapan terakhir kali anda dapat melakukan login dan kapan anda membuat akun gmail, jika anda sudah mengisikan data tersebut, silahkan klik Continue
    [​IMG]
  4. Jika jawaban yang anda berikan salah, otomatis anda akan dialihkan ke halaman Recovery Account, maka dari itulah, anda harus memberikan jawaban yang benar dan tepat untuk dapat mengembalikan akun anda.
  5. Ikuti instruksi instruksi yang diberikan sampai akhir dan jika anda mengisi data dengan benar, anda akan diberikan formulir untuk mereset password anda.

Sedikit saran dari saya, buatlah password yang kuat (panjang) untuk menghindari terjadinya hacking, setelah mengganti password, catatlah data data penting untuk menghindari kejadian seperti ini terulang, data data yang saya maksud adalah data data berupa nama, alamat, tanggal lahir, no. HP, email alternatif dan data data lainnya.

Penutup
Semua tindakan untuk melakukan recovery account Gmail dapat anda akses di google.com/accounts/recovery, selain memulihkan / mereset password, halaman ini juga disediakan Google untuk mengatasi segala hal yang berkaitan dengan masalah pengguna dalam hal login. Mulai dari lupa password, lupa username, 2- step verification dan masih banyak lainnya

Agar kejadian yang tidak sama terulang kembali, simpan semua data terkait akun gmail anda. Mulai dari 2-step verification, recovery email, recovery phone dan data data lainnya lainnya
.

No comments: